Label

Minggu, 19 Oktober 2014

TEKNIK MEMBUAT TABLE PADA ORACLE

Setelah pada artikel sebelumnya saya mengenalkan apa itu oracle dengan berbagai macam tipe datanya , kali ini saya akan sedikit berbagi tutorial singkat bagaimana cara membuat table dengan Oracle. Check this out guys !




Bagi para pengguna teknologi informasi mungkin sudah sangat akrab dengan database oracle, namun tidak mau mencoba karena merasa sulit dalam pengoperasiannya. Pembahasan pada artikel ini akan saya tujukan untuk pemula pengguna oracle yaitu "Bagaimana Cara Membuat Table" menggunakan oracle express edition.

Struktur pada oracle sendiri adalah database > schema > tabel. Didalam schema itulah kita bisa membuat tabel-tabel yang diinginkan. Selain itu untuk setiap schema kita bisa membuat user sendiri dari user tertinggi. Pada oracle user tertinggi disebut dengan "system". Dari system kita bisa membuat user, schema, dan hak aksesnya.

1. Masuk ke home oracle di http://localhost:8181/apex sesuaikan dengan port oracle masing-masing.




2. Klik sub menu "create user". Isikan semua field, dan centang list DBA (Database Administrator) jika ingin kedudukan user yang dibuat seperti system.



3. Setelah berhasil membuat user oracle, sekarang downloadOracle SQL Developerdownload disini untuk mempermudah pengolahan database. Dibawah ini tampilan Oracle SQL Developer.
  
4. Kita membuat koneksi baru terlebih dahulu, klik kanan ikon 'Connections', kemudian pilih 'New Connection'




5. Isi connection name, username, password dengan akun user yang sudah dibuat terlebih dahulu tadi. Kemudian klik tombol 'test' untuk mencoba koneksi apakah sudah terhubung atau belum



6.  Setelah koneksi sukses kemudian klik tombol 'Connect' lalu koneksi anda akan terbuka seperti pada gambar



7. Langkah terakhir adalah menuliskan query pada worksheet oracle SQL developer lalu eksekusi querynya. Tabel yang sudah dibuat bisa dilihat di tree views yang ada pada ikon tables.





Dibawah ini link untuk tutorial membuat tabel menggunakan oracle:


Demikian pengenalan oracle untuk pemula dalam pembuatan tabel, semoga bermanfaat. Salah dan kurangnya dalam penulisan ini mohon dimaafkan karena saya juga masih dalam tahap belajar :D


Sila komen pada kolom komentar dibawah guys :)

1 komentar: